Honda CR500 Bergaya Supermoto

Salah satu orang yang suka datang ke ajang balap motor dirtbike adalah Ted Boyko. Pemuda ini hampir kehilangan kakinya dalam kecelakaan parah yang dialaminya.

Ia kemudian menjadi tuner, mendarat di DG Performance lalu memoles dua motor. Kini, Ted sudah menjalankan tokonya sendiri dengan bendera Boyko Racing.

Ted juga memperlihatkan transplantasi jantung untuk supermoto Husqvarna SMR450 2008. Bosan dengan masalah motorik motor tersebut, ia lantas membeli mesin Honda 2Tak CR500.

Begitulah awal mulai Husqvonda itu terbuat. Namun belum sepenuhnya benar karena butuh rekonstruksi total untuk memindahkan mesin ke atas rangka tersebut.

Honda CR500 Bergaya Supermoto

Masalah besar adalah port knalpot CR500, yang inconveniently berbaris langsung dengan downtube depan frame. Bentuknya pun dipikirkan dengan matang meski sedikit lebih berkelok.

Supermoto itu memang sudah bisa dengan mudah melibas jalanan. Namun proyek tersebut sedikit lebih rumit karena ternyata pelanggan menginginkan motor tersebut bisa melintasi jalanan yang legal.

Honda CR500 Bergaya Supermoto

Tak ada kesulitan dengan dokumen-dokumen motor tersebut. Husky juga punya nomor registrasi, namun yang tidak dimilikinya adalah mesin dengan sistem kelistrikan yang bisa membuat lampu bersinar hingga membunyikan klakson.

Ted pun mengubah ulang sistem kelistrikan motor tersebut. Ia lalu melengkapi lampu-lampu hingga membangun speedometer elektronik multifungsi.