Keren! Pria Ini Sulap Ampas Teh Jadi Celengan Gambar Tokoh Nasional

Banyak orang yang berpikir kalo limbah industri dan limbah rumah tangga merupakan barang yang enggak lagi berguna. Wah lo salah besar bro! contoh deh Rendy Prayogi, yang bisa mengubah limbah teh menjadi sebuah karya seni yang bernilai jual tinggi. Rendy menciptakan sebuah karya celengan dari limbah gulungan kain dipadu dengan ampas teh.

Kerennya, celengan itu dilukis dengan wajah tokoh-tokoh terkenal seperti Soekarno, Mohammad Hatta, BJ Habibie, dan tokoh-tokoh lain. Rendy mulai membuat celengan dari ampas teh sejak tahun 2012.

Setahun memproduksi celengan unik ini, Rendy sempat gagal dan sempat ingin berhenti. Tapi, teman dan keluarganya selalu support doi mulu nih. Pada tahun 2013, Rendy jadi makin mahir dalam menghasilkan produk celengan dari ampas bubuk teh.

Keren! Pria Ini Sulap Ampas Teh Jadi Celengan Gambar Tokoh Nasional

Doi membuat celengan sendiri loh enggak ada yang bantu. Rendi memakai bahan seperti bekas gulungan kain, limbah teh dan lem kayu. Khusus untuk bubuk teh, ia mengumpulkannya dari warung-warung kopi di sekitar rumah. Celengan dari ampas bubuk teh ini enggak pakai pewarna sama sekali. Rendy cuma memanfaatkan bubuk teh buat menghasilkan kontras warna yang diinginkan.

Nah, terus celengan ini lalu dikombinasikan dengan berbagai motif menarik seperti, tokoh nasional, tokoh kartun, hingga corak budaya lokal khas Sumatera Utara.

Produk celengan dari limbah teh ini sudah dipasarkan di beberapa kota Indonesia seperti Banjarmasin, Lombok, Ternate, Ambon hingga negara Eropa seperti Inggris, Prancis dan Jerman.

Sekarang Rendy lagi mengembangkan kreasinya. Celengan enggak hanya dari bubuk teh, tapi juga dikombinasi dengan serbuk kayu, serta ampas jamu yang sudah dikeringkan sehingga menambah keunikan dari kerajinan tangan ini.

Celengan dari limbah teh ini dibanderol dengan harga Rp 50 ribu hingga Rp 150 ribu tergantung motif dan tingkat kesulitannya.