Khusus Anak Gunung! Ini Cara Perawatan Jaket Fleece

Sekarang jaket berbahan fleece lagi banyak banget dipakai nih sama generasi millenial. Jaket yang mirip kain wol ini emang jadi pilihan utama buat anak gunung. Selain modelnya yang keren, jaket ini juga hangat banget jadi pas deh buat dipakai saat mendaki.

Nah, buat lo para pecinta fleece pasti enggak mau dong jaketnya kotor, berdebu atau luntur? emang sih perawatan dari bahan yang satu ini agak susah. Tapi tenang bro, gue ada cara ampuh buat merawat fleece.

 

Kenali dulu karakteristik fleece

Khusus Anak Gunung! Ini Cara Perawatan Jaket Fleece

Kekurangan dari fleece yang perlu lo tau ialah bahan ini gampang banget kotor. Selain itu, kalo lo sering cuci fleece, pasti warna dari bahan itu akan semakin memudar. Jadi, saran gue lo harus teliti nih saat memilih waktu yang pas untuk mencuci bahan ini.

Perhatikan Durable Water Repellent (DWR) pada fleece

Khusus Anak Gunung! Ini Cara Perawatan Jaket Fleece

Biasanya fleece punya pelapis DWR yang fungsinya untuk mengembalikan kelembaban dan mencegah kotoran yang menempel. Tapi sebenarnya lebih baik lo enggak selalu bergantung sama fungsi itu. Kenapa? soalnya kotoran yang menempel juga enggak sepenuhnya hilang dan lama kelamaan kotoran juga bisa buat jaket kesayangan lo kusam.

Hati-hati dalam mencuci fleece

Khusus Anak Gunung! Ini Cara Perawatan Jaket Fleece

Lebih aman, lo cuci fleece di dalam mesin cuci. Tapi enggak masalah juga sih kalo lo mau cucinya pakai tangan. Asal nih, jangan pernah menggosoknya terlalu kasar ya.

Coba pakai deterjen yang soft dan memakai air dingin. Selain itu biar enggak luntur, campur warna pakaian yang senada dengan fleece punya lo ya.

Menjemur fleece juga harus benar

Khusus Anak Gunung! Ini Cara Perawatan Jaket Fleece

Saran gue, hindari sinar matahari langsung dan cuaca panas yang menyengat langsung ke fleece. Soalnya, hal itu bisa buat bahan jadi pudar. Lo cuma cukup gantungin dan angin-anginkan aja di tempat yang sejuk. Kalo mau pakai pengering, hindari suhu maksimal yang terlalu panas terus keluarin deh buru-buru kalo sudah selesai.

Menyetrika fleece secara aman

Khusus Anak Gunung! Ini Cara Perawatan Jaket Fleece

Jangan pernah pakai pelembut atau pemutih pada fleece. Soalnya, keduanya itu mengandung bahan kimia yang bisa mengurangi kekuatan water resistant di lapisannya. Enggak cuma itu, usahain buat enggak menyetrika langsung fleece. Pakai aja pelapis kain lain biar enggak meninggalkan bekas.

Menyimpan fleece juga tidak boleh sembarangan

Khusus Anak Gunung! Ini Cara Perawatan Jaket Fleece

Taruh jaket pada gantungan pakaian. Tujuannya, biar mencegah kotoran berkumpul di sela kain fleece. Selain itu, lo juga bisa buat sirkulasi udara di sela-sela kain biar jaket enggak gampang bau.