Musik Film “Pengabdi Setan” Bisa Pengaruhi Psikologi dan Mood Manusia

Emang sih ya bro, film horor itu enggak afdol kalo enggak ada musik yang bikin merinding. Jadi enggak cuma adegan-adegannya doang yang serem, faktor musik juga sangat mempengaruhi loh.

Nah, makanya nih musik di film Pengabdi Setan dibuat cukup rumit, bahkan bisa mempengaruhi psikologi dan mood manusia. Enggak percaya? hal itu diucapin sendiri loh oleh Bemby Gusti, salah satu komposer musik latar untuk film karya Joko Anwar tersebut.

Pengabdi Setan

Jadi dia menggabungkan beberapa unsur experimental dengan memakai instrumen-instrumen suara musik yang masuk ke dalam kategori psychoacoustic, yaitu instrumen-instrumen yang bisa mengeluarkan suara yang mempengaruhi psikologi manusia.

Contoh-contoh suara psychoacoustic di Pengabdi Setan itu kaya suara deritan pintu besi berat, alat musik gesek yang dimainkan tak bernada, nada piano rendah, hingga percakapan manusia. Dia sengaja ngebuat instrumen psychoacoustic untuk membuat mood penonton keluar dari zona nyaman.

Enggak cuma itu bro, musik di film Pengabdi Setan juga punya satu layer yang berisi infrasound, yaitu gelombang suara befrekuensi rendah di bawah 20 hertz. Infrasound tersebut enggak bisa terdengar sama manusia tapi bisa terasa seperti getaran rendah yang dapat ditangkap alam bawah sadar manusia.

Selain itu, Bemby juga berpesan nih. Katanya jangan lupa buat dengerin lagu terakhir di akhir film Pengabdi Setan yang dinyanyikan oleh dirinya sendiri. Wah, lo udah siap enggak nonton film Pengabdi Setan?