Video Klip Akad – Payung Teduh Bermasalah, Kenapa Ya?

Lo pasti tau dong sama lagu Akad – Payung Tedung yang lagi booming sekarang ini. Tapi, di balik boomingnya lagu itu, ternyata video clip-nya lagi tersandung masalah hak cipta nih.

Video Klip Akad - Payung Teduh Bermasalah, Kenapa Ya?

Soalnya, foto perempuan dalam video itu digunakan tanpa izin. Sebenarnya apa sih yang terjadi? cek fakta-faktanya di bawah ini nih.

 

Payung Teduh sudah minta maaf

Para personil Payung Teduh udah meminta maaf sama perempuan bernama Kaori Okado itu. Tapi Kaori lebih menuntut untuk video itu di take down. Tim produksi video klip Akad, Seraya Creative Studio, juga melakukan permohonan maaf dan mengakui kesalahan mereka secara tertulis.

 

Payung Teduh sempat enggak nyangka

Personil payung teduh enggak nyangka saat pertama kali diberi tahu soal masalah itu. Kaori enggak mempermasalahkan soal materi bahwa foto dalam video itu adalah foto orang mati. Tapi yang dimasalahkan ialah fotonya dia diapakai tanpa izin, waduh kok bisa ya.

 

Kenapa video Akad di-blur dulu dan nggak langsung di-take down?

Video klip awal Akad sempat dibekukan dulu nih ternyata dan udah diganti dengan video baru yang memakai foto berizin. Tapi kenapa enggak langsung di-take down aja ya?

Ternyata kata Is, Vokalis Payung Teduh, mereka sengaja di-blur dulu pas 11 juta viewers. Terus di-take down pas video koreksi jadi. Untungnya udah di-monetize. Jadi di-freeze dulu dan bisa dibuka lagi suatu hari nanti. Tapi versi blur jadi audio doang.